Home » » Best Dangdut Festival, Lagu Dangdut Daerah Kurang Peminat

Best Dangdut Festival, Lagu Dangdut Daerah Kurang Peminat

Written By K2-911FM on May 24, 2016 | 12:00 AM



INDRAMAYU – K2 FM – Senin,24/5-2016, 00:00 WIB

                        Gelaran “Best Dangdut Festival 2016” berhasil menyaring para peserta yang lolos ke babak grand final.  Pada babak Audisi, peserta membawakan salah satu di antara lagu dangdut nasional dan tembang dangdut daerah. Namun dalam pelaksanaan Audisi, lagu dangdut nasional paling banyak dipilih peserta daripada dangdut berbahasa Cerbonan/Dermayon.

                        Kebanyakan peserta beralasan, lagu dangdut nasional memiliki tingkat kesulitan tinggi sehingga menjadi sebuah tantangan tersendiri.  Meski ber-label lomba karaoke, peserta menyadari bahwa mereka harus dapat mengalahkan lawan dengan memilih lagu yang tidak asal-asalan.

                        Bagi dewan juri, dalam hal memilih materi lagu diserahkan sepenuhnya kepada peserta.  “Karena kita (juri) tidak menilai lagu, melainkan vokal atau suara peserta.  Tapi kalau peserta salah memilihpun maka akibatnya juga fatal karena ini kompetisi,” kata Jumadi seorang juri.

                        “Panitiapun tidak bisa disalahkan tentang ketidak-tertarikan peserta pada lagu dangdut daerah, karena dari sekian banyak lagu pilihan yang telah ditetapkan, telah diurut 20 lagu yang paling mudah dibawakan hingga paling susah,” ujar pihak BEST Karaoke melalui Irva Febri selaku manager.

                        Babak Audisi digelar tanggal 21 – 22 Mei 2016 lalu, bertempat di BEST Karaoke Kecamatan Widasari Indramayu.  Panitia mencatat, lagu yang paling banyak dibawakan yaitu Buta (Rhoma Irama), Perih (Elvy Sukaesih), Dua Kursi & Tersisih (Rita Sugiarto) serta Payung Hitam (Iis Dahlia).  Kemudian untuk lagu dangdut daerah, peserta lebih memilih lagu seperti Buyut Jawa (Didi Aswandi) dan Juragan Empang (Tiny Josepha).

                        Dari seluruh jumlah peserta, 20 peserta dinilai layak mendapatkan ‘golden ticket’ untuk kembali bersaing pada final, Minggu 29 Mei 2016 mendatang di halaman Rumah Makan Cimanuk Kecamatan Widasari Indramayu. 
 
                        “Best Dangdut Festival 2016” diikuti sekitar 80 peserta dari berbagai daerah se-wilayah III Cirebon.  Panitia penyelenggara, BEST Karaoke Widasari bekerja sama dengan Dewan Kesenian Indramayu (DKI) mampu menarik minat penyanyi dangdut yang datang dari Indramayu, Cirebon, Kuningan dan Majalengka.  Peserta terdiri dari pelajar SMA, mahasiswa, PNS, swasta sampai penyanyi organ tunggal hingga ibu rumah tangga.

                        Febri berharap kepada finalis agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin karena grand final dipastikan terjadi persaingan super ketat, terlepas lagu apapun yang dinyanyikan, entah dangdut nasional atau daerah.

                        Panitia akan menetapkan Juara 1, 2 dan 3 serta Juara Harapan untuk diberikan hadiah tropi, piagam dan uang pembinaan total Rp. 10 juta.  (Jeffry)
   
 BEST Karaoke, lokasi audisi "Best Dangdut Festival 2016".  (Photo : Jeffry/Dok K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger