Home » » Pasar Seni 2016 Fokus Angkat Tarling

Pasar Seni 2016 Fokus Angkat Tarling

Written By K2-911FM on Aug 19, 2016 | 12:38 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Jum’at,19/8-2016, 12:38 WIB

                        Pasar biasanya identik dengan keramaian orang-orang melakukan transaksi jual-beli.  Namun Dewan Kesenian Indramayu (DKI) ingin mengubah paradigma lama bahwa ‘Pasar Seni’ tidak sama dengan pasar malam. Konsep ‘Pasar Seni’ menurut Ketua DKI Sihabudin ‘Lebe’ yaitu mempertemukan pelaku seni, unsur pemerintah dan partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam sebuah kegiatan seni. Mulai tahun ini, kegiatan Pasar Seni DKI diisi edukasi, kompetisi, pameran, peragaan, kuliner dan pementasan. 

                         “Kami ingin penyelenggaraan Pasar Seni berbeda dengan sebelumnya.  Lebih punya warna, lebih marak dan selalu punya tema berbeda.  Tema sekarang mengenai segala sesuatu tentang tarling, berjudul Perayaan Tarling 2016,” katanya. 

                        Pasar Seni DKI akan digelar pertengahan September 2016, bersamaan dengan penyelenggaraan pekan olah-raga terbesar PON XIX/Peparnas XV Jawa Barat 2016.  Indramayu diprediksi dikunjungi tamu-tamu dari luar daerah. Tirtamaya dan pantai Balongan akan menjadi tempat pelaksanaan 3 cabor dalam even tersebut, yaitu Renang Perairan Terbuka, Selam dan Layar.  Hal itu menjadi momentum penting untuk menyuguhkan keaslian seni tarling kepada atlet dan pengunjung dari seluruh nusantara.

                        Selain mengangkat dan melestarikan kesenian tarling, lembaga seni milik Pemkab ini ingin agar orang-orang mempunyai kesamaan persepsi mengenai tarling.  “Jangan sampai anak muda sekarang mengartikan tarling hanyalah tontonan organ tunggal dengan penyanyi erotis,” ujar seorang anggota DKI Inang Sadewo.  Pandangan keliru ini dikhawatirkan menimbulkan pula salah tafsir bagi kaum pendatang dan wisatawan.

                         Pasar Seni DKI berlangsung mulai tanggal 19 – 25 September 2016.  Sentra kegiatan bertempat di gedung Panti Budaya dan sekitarnya, termasuk di alun-alun Indramayu. Sejumlah kegiatan seperti workshop, seminar, lomba puisi, lomba nyanyi, peragaan seni kriya/lukis/batik, galeri/pameran karya seni, pementasan dan sebagainya, akan dikemas dengan nuansa tarling. 

Bila dalam PON XIX berlaku seruan Catur Sukses untuk menggelorakan semangat insan olah-raga, Pasar Seni DKI diharapkan sukses pula dalam penyelenggaraan. (Jeffry)     
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger