Home » » Puluhan Sekolah SD-SMP Ikuti Lomba Marching Band

Puluhan Sekolah SD-SMP Ikuti Lomba Marching Band

Written By K2-911FM on Sep 22, 2016 | 11:31 AM


INDRAMAYU – K2 FM – Kamis,22/9-2016, 11:30 WIB

                        Semarak harjad ke 489 Indramayu sudah mulai terasa.  Jalanan kota Indramayu hari ini menjadi ajang Lomba Marching Band Tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Indramayu.  Pengendara kini mulai berhati-hati karena sebagian jalan dipakai oleh even yang digelar Dinas Pendidikan Indramayu tersebut.

                        Sebanyak 40 peserta SD/MI dan 25 peserta SMP/MTs menampilkan kekompakkan gerakan dan lagu yang dibawakan.  Sementara beberapa juri dari unsur Polres, Kodim 0616 dan Purna Paskibraka Indramayu ditempatkan di beberapa titik jalan.

                        Peserta pertama, utusan SD se-Kecamatan Lelea dilepas oleh Sekda Indramayu Ahmad Bahtiar, SH dari depan Gedung Juang. Disusul kemudian Marching Band SDN Rancajawat 1 Kecamatan Tukdana.  Peserta nomor 9 ini diberangkatkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Indramayu DR. H. R. Ali Hasan, M.Pd.  Sejumlah pejabat dalam lingkungan Disdik diberikan kehormatan untuk melepas peserta lain.
  
                        Penilaian dalam Lomba Marching Band ini meliputi 4 kriteria, yakni performance meliputi gerakan, kesempurnaan baris-berbaris dan pengaturan jarak pasukan.  “Ke-dua adalah musik.  Terdiri dari sub-sub penilaian seperti music analysis, dan keserasian lagu,” kata seorang Juri Serka Sarjaya.  Berikutnya komposisi mencakup bentuk, variasi gerakan serta kelengkapan alat musik.  Terakhir kata Sarjaya yaitu mengandung sisi hiburan, termasuk semangat, kepercayaan diri, sikap dan formasi yang ditampilkan peserta. 
            
                        Meski bukan hal utama, peserta rata-rata menyisipkan sisi hiburan saat perform.  SMP N Unggulan Sindang misalnya.  Dua majorette-nya sangat terampil memainkan tongkat dengan penuh atraktif.  Marching Band bernama Swara Wiradharma itu memukau penonton.  Mereka didampingi guru dan puluhan supporter yang terus memberikan spirit.

                        Sementara utusan Marching Band SMPN 1 Lelea menyanyikan lagu Seketip Mata.  Spontan penonton terhibur dengan alunan lagu yang sudah akrab di telinga masyarakat Indramayu itu.  Rute yang ditempuh untuk tingkat SD, start Gedung Juang - S. Parman - RA. Kartini - Yos Sudarso - Mayor Sastraatmaja - Gedung Panti Budaya.  Sedangkan tingkat SMP, start Gedung Juang - S. Parman - RA. Kartini - Sudirman - Gedung DPRD.  (Jeffry) 

 SMPN 1 Lelea dengan lagu 'Seketip Mata'.  (Photo : Jeffry/K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger