Home » » Pelepasan KKN Unwir : Kelompok 9 Ditempatkan Di Desa Juntiweden

Pelepasan KKN Unwir : Kelompok 9 Ditempatkan Di Desa Juntiweden

Written By K2-911FM on Jul 17, 2017 | 3:23 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Senin,17/7-2017, 15:24 WIB

                        Sebanyak 630 mahasiswa Universitas Wiralodra Indramayu melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari tanggal 13 Juli sampai 23 Agustus 2017.  Dari 30 Kelompok KKN, salah satu kelompok melaksanakan praktek di Desa Juntiweden Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu.

                        “Kelompok kami terdiri dari 21 mahasiswa Unwir dari seluruh fakultas yang siap mengabdikan diri untuk masyarakat Desa Juntiweden,” terang Ketua Kelompok 09 Sujadi.  Sasaran Program KKN yang dilaksanakan Kelompok 09 menitik-beratkan pada sektor pendidikan, kesehatan, agama dan sosial kemasyarakatan.

                        Berdasarkan hasil survey diketahui bahwa tingkat pendidikan di wilayah Desa Juntiweden relatif rendah.  Data tahun 2014, jumlah anak yang tidak/belum sekolah berjumlah 200 orang.  Tahun berikutnya 2015 meningkat 250 orang, dan pada tahun 2016, penduduk desa yang tidak/belum sekolah berjumlah 236 orang.

                        Kelompok 09 membidik sektor pendidikan melalui program kerja pelatihan karya tulis ilmiah dan sastra serta private MIPA. Kegiatan lain berupa Posko Damansih (Indah, Nyaman, Bersih), menciptakan Liberasi (Lingkungan Bersih Bebas Polusi), senam sehat, cek kesehatan gratis, pelatihan leadership, design grafis dan kegiatan lain. 

                        Merujuk pada ketentuan yang ditetapkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Wiralodra Indramayu yaitu memberdayakan potensi lokal, Kelompok 09 mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat Juntiweden Yang Unggul Dan Berkualitas Dalam Edukasi Pendidikan, Perekonomian, Kesehatan, Serta Lingkungan Dan Sosial Untuk Indonesia.

                        Ketua Panitia KKN Universitas Wiralodra Indramayu Tahun Akademik 2016/2017 Ir. Ace Setiadhi Kusumah menyebutkan, peserta KKN berjumlah 630 mahasiswa yang dibagi menjadi 30 kelompok, ditempatkan di desa-desa di Kecamatan Sliyeg, Karangampel, Juntinyuat dan Sindang selama 40 hari.

                        “Pelaksanaan KKN tahun ini dilaksanakan di wilayah Indramayu timur karena tahun sebelumnya dilaksanakan di wilayah Indramayu barat di antaranya Kecamatan Gabuswetan dan Kroya,” kata Ace saat diwawancara Aris Dodi, S.Hum pada program ‘CAKEP On Air’ K2 FM, Minggu (9/7).

                        Peserta KKN Unwir dilepas oleh Wakil Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si didampingi Rektor Unwir Dr. Ujang Suratno, S.H., M.Si di Aula Nyi Endang Dharma Ayu, Kamis (13/7). (Jeffry)


Kelompok 09 usai dialog on air di K2 FM.  (Photo : Dok Kel 09)




Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger